.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 01 September 2018

BIRTHDAY TRIP [PART II: RIWEUH DI MANILA AIRPORT]


Baru saja duduk di kursi pesawat Air Asia Philippines yang akan membawa saya terbang ke Manila, saya sudah senyam-senyum sendiri mendengar pramugari berbicara menggunakan bahasa Tagalog. Bahasa yang terdengar unik di telinga saya karena seolah-olah seperti mendengar salah satu bahasa daerah di Indonesia.

Penerbangan 4 jam ditempuh dengan banyak turbulence keras. Konon katanya rute Jakarta-Manila adalah salah satu rute dengan “banyak lobang” sehingga hampir dapat dipastikan penerbangan di rute ini jarang yang mulus-mulus saja. Tapi saya mah cuek dan tetap bisa tidur-tidur ayam di tengah guncangan keras berulang kali. Syukurnya, penerbangan nggak nyante itu berganti dengan pemandangan Manila Bay yang super tjakep sesaat menjelang pesawat mendarat. Kita bisa melihat kawasan teluk dan gedung-gedung tinggi Manila yang ditimpa cahaya langit sore. Syahdu banget. Sayangnya saya tidak duduk di window seat jadi tidak bisa memotret atau memvideokannya. So, make sure kamu ambil kursi dekat jendela terutama di sisi sebelah kiri pesawat jika ingin menikmati pemandangan memukau ini.

Ninoy Aquino International Airport (NAIA) adalah bandara utama di Filipina. Terminal 3 tempat pesawat saya mendarat cukup lapang dan lega. Meskipun desain eksteriornya terlihat seperti dari jaman old, interiornya tampak sudah di-refurbish dan sudah cukup memenuhi standar airport yang nyaman versi saya. Somehow saya suka sih dengan T3-nya NAIA, sedikit lebih baik dari T3 Soetta yang meskipun baru dan modern, entah kenapa gagal memenuhi ekspektasi saya. Eitss, ini pendapat pribadi aja lho, no offense. However,.... NAIA secara keseluruhan juga banyak minusnya. Pertama, belum ada transportasi umum yang reliable dari dan ke bandara. Well, Bisa aja sih kalau keukeuh juga dengan naik jeepney disambung dengan MRT plus jalan kaki. Tapi kok ya ribet, nggak praktis dan nggak nyaman ya? Belum lagi kalau macet, Manila lumayan bikin gila juga. Otomatis satu-satunya cara ya dengan taksi bandara. Syukurnya NAIA itu sendiri sudah berada di tengah kota (Pasay city) jadi lumayan dekat kalau ke daerah lain semisal Makati city, tempat paling populer di Metro Manila. Bagusnya lagi taksi bandara sudah dikelola dengan cukup baik. Tinggal antri secara teratur, duduk manis dan ngadem, sampailah saya di hotel di daerah Makati dengan rate kira-kira 100 ribu rupiah. Cukup worth, apalagi kalau pergi rame-rame bareng teman atau keluarga.


Manila Bay at night
Kedua, terminal-terminal di NAIA (ada empat terminal) belum terintegrasi dengan baik. Keempat terminal itu seolah berdiri sendiri-sendiri dan tidak dihubungkan dengan shuttle antar terminal yang memadai. Sumpah rempong dan bikin kesal untuk yang punya penerbangan lanjutan di terminal yang berbeda. Jangan bertaruh deh kalau spare waktu penerbangannya mepet, bisa-bisa kalian jantungan ketinggalan pesawat. Pengalaman tak menyenangkan ini sempat saya alami. Jadi gini, waktu balik dari Kalibo (Boracay) saya mendarat menjelang maghrib di T4 yang super duper kecil tapi penuh sesak kayak pasar tumpah. Dari T4 saya harus berpindah ke T3 untuk penerbangan selanjutnya, selisih waktu penerbangan kira-kira 4 jam. Karena tidak ada petunjuk yang jelas, saya tanyalah sana-sini sama petugas di mana saya bisa ambil shuttle airport untuk pindah ke terminal lain. Gaje! Ada yang (dengan tidak pasti) cuma tunjuk-tunjuk doang di mana saya mesti nungguin shuttle. Ada yang nggak yakin ada shuttle apa nggak (nah lho?). Ada pula yang nyaranin saya naik taksi aja. Eh buset, masak pindah terminal doang mesti naik taksi. Lucu!


Manila, the Pearl of the Orient
Setelah sekian lama, sambil gelisah modar-mandir dan celingak-celinguk mempertimbangkan apakah saya sebaiknya naik taksi saja, terlihatlah bus besar dengan papan bertuliskan T2 dan T3. Saya sempat berlari sambil teriak-teriak manggil sopir busnya, soalnya dia nggak berhenti di tempat yang saya perkirakan, takutnya saya ketinggalan. Sambil terengah-engah saya tanya sopir untuk memastikan bahwa bus ini bakal ke T3. Yup bener. Sayapun sedikit lega. Etapi was-was saya belum berhenti saat bus ini akhirnya bergerak keluar dari T4. Ternyata terminal NAIA itu satu sama lainnya benar-benar terpisah meskipun berdekatan! Jadi rutenya keluar area terminal, lalu masuk ke jalanan umum perkotaan dulu, terus masuk ke area terminal lagi, keluar lagi, masuk kota lagi, balik lagi ke terminal, gitu aja terus sampe lebaran monyet! Terus lagi nih, rutenya itu ternyata random! Jadi bukannya dari terminal 1 ke 2 terus ke 3 gitu, nggak! Seenak udel supirnya bae! Saya ingat abis muter-muter gaje masak saya balik lagi ke T4! Lawak kali kan? Udah gitu ngetem di tiap terminal lama banget lagi. Pantes dong ya penumpang bus ini sepi. Terkahir, saat mau turun, penumpang dimintai bayaran (saya lupa berapa Peso). Yak, bayar sodara-sodara! Kan bangke! (bersambung).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar