.quickedit{ display:none; }

Selasa, 01 Mei 2018

CARA KERJA MYKI CARD

Untuk dapat mengakses PTV, Anda kudu memiliki kartu Myki (baca: Maiki) yang valid (berisi deposit yang cukup atau sedang menggunakan paketan tertentu). Itu artinya, Anda sama sekali tidak dapat membeli tiket single trip di tempat. So, jangan pernah ketinggalan, jangan sampai tercecer, jangan sampai rusak, dan selalu selalu sedia Myki yang valid saat akan jalan.
Disclaimer: informasi mengenai PTV yang terdapat dalam postingan ini adalah berdasarkan informasi terkahir saat tulisan ini diposting (Mei 2018). Penulis menganjurkan pembaca untuk melakukan cross-check di website resmi PTV untuk mendapatkan informasi termuktakhir.    

Berbeda dengan transportasi publik di Singapura yang penghitungan tarifnya berdasarkan jarak tempuh (distance-based fare), Myki menggunakan penghitungan tarif berbasis waktu (time-based fare). Dengan menggunakan kartu yang sama, ada dua metode pembayaran yang dapat dipilih. Anak-anak dan lansia dikenakan tarif berbeda. Adapun yang akan saya bahas kali ini adalah tarif reguler (full fare) untuk orang dewasa.
Source: https://www.ptv.vic.gov.au/tickets/myki/ef1d0f60a/buying-your-myki/

Pertama adalah metode pembayaran yang bernama Myki Money. Secara sederhana, metode ini diartikan sebagai “bayar kapan jalan aja”. Tapi berhubung time-based fare, tentu ada aturan mainnya juga. Untuk 2 (dua) jam pertama (dari pertama kali Anda nge-tap kartu) Anda akan dikenakan biaya 4 dollar. Dalam masa 2 jam itu, Anda bebas naik-turun PTV sebanyak apapun tanpa dikenakan biaya lagi. Contohnya Anda ngetap pertama kali jam 8 pagi, maka deposit Anda akan langsung dipotong 4 dollar dan Anda bebas menggunakan PTV tanpa dikenakan biaya lagi sampai jam 10 pagi. Jangan lupa untuk selalu nge-tap (touch-on) setiap kali naik PTV. Khusus untuk tram, Anda tidak perlu repot-repot touch-off bila akan turun. Oya, trams are free within CBD (Free Tram Zone), jadi kalau Anda naik dan turun masih di FTZ, nggak perlu repot-repot ngetap kartu.
Bagaimanapun juga, 2 jam tentu waktu yang singkat untuk jalan-jalan bukan? Nah, bila setelah 2 jam Anda masih menggunakan PTV, Anda akan dikenakan lagi biaya 4 dollar. Tapi, untuk seterusnya di hari itu (hingga jam 3 dini hari), Anda bebas sebebas-bebasnya naik-turun PTV ke manapun dan sesering apapun yang Anda mau. Unlimited. Jadi, in total, Anda akan dikenakan biaya 8 dollar bila ingin seharian jalan-jalan menggunakan PTV. Saran saya sih, sedia minimal 10 dollar sebagai deposit untuk satu hari. Metode ini cocok untuk mereka yang hanya melakukan kunjungan singkat (2-4 hari) di Melbourne dan ingin menikmati publik transportnya. Contohnya, bila Anda punya 3 hari di Melborne, Anda bisa membeli kartu Myki (kartunya saja seharga 6 dollar) plus deposit 30 dollar (total 36 dollar). Kartu bisa dibeli secara mandiri di mesin khusus PTV di bandara Tullamarine, di mesin-mesin khusus yang tersebar di banyak tempat di kota Melbourne, di kantor pos, atau di toserba Seven Eleven, minta tolong sekalian diiisiin depositnya sama mas/mbaknya.
Metode kedua bernama Myki Pass atau yang bisa diartikan “Paketan”. Paketan yang bisa diambil dimulai dari minimal 7 hari (one week), 28 hari (four weeks) sampai paket setahun. Myki Pass ini sifatnya unlimited dari sejak pertama kali kartu di-tap untuk mengaktifkan paket. Untuk mereka yang rutin menggunakan PTV nyaris setiap hari (e.g. pegawai kantoran dan pelajar seperti saya), Myki Pass adalah pilihan terbaik. Bila dibandingkan Myki Money yang per harinya menghabiskan setidaknya 8 dollar, maka Myki Pass tidak sebanyak itu, kira-kira 5 dollar-an. Enaknya lagi, pengguna Myki Pass seperti saya (saya biasa menggunakan Myki Pass 28 hari) itu worry-less karena tidak perlu merasa was-was dan repot-repot mikirin deposit saat hendak naik-turun PTV, kapanpun, kemanapun, dan sesering apapun, selama kartu kita valid. Khusus untuk tram, kita bahkan sebenarnya tidak perlu nge-tap kartu selama paket kita aktif. Tapi saya sih tetap nge-tap kapanpun saya naik agar terdata di track record membership Myki saya.
Ruginya adalah bila ternyata setelah paketan kita aktif, kita tidak melakukan banyak perjalanan. Make nggak make tetap bayar segitu. Misalnya kamu beli Myki Pass yang satu minggu. Ternyata kamu pakenya cuma 2 hari. Kan sayang. Jadi pandai-pandailah melakukan perhitungan dan memprediksi kebutuhan perjalanan kita. Paketan Myki Pass bisa dibeli ditempat yang sama dengan Myki Money. Oiya, saya menganjurkan pengguna rutin Myki Pass untuk mendaftarkan kartunya di website resmi PTV. Untuk jaga-jaga kalau kartu hilang sementara paketan masih berjalan atau ada deposit tersisa yang ingin ditarik kembali.
Metode tarif PTV yang saya jelaskan di atas hanya berlaku untuk moda transportasi tram, bus, dan metroline. Sedangkan untuk V-line berlaku tarif lain yang lebih mahal karena jarak dan waktu tempuhnya sudah cukup jauh. Karcis V-line bisa dibeli di Southern Cross Terminal, via online, atau tetap bisa menggunakan kartu Myki dengan catatan deposit untuk tarif di rute V-line mencukupi.
Oh ya, sedikit cerita, penggunaan kartu Myki di tram pada hakikatnya hanya berlandaskan prinsip kejujuran. Meskipun sesekali ada razia oleh pihak berwenang, pada umumnya naik-turun tram tidak diawasi (dan memang tidak memungkinkan untuk diawasi karena penumpang bisa naik dan turun sesuka hati dari pintu mana saja). Hal ini berbeda dengan metroline di mana penumpang yang harus melewati palang rintang (walaupun di beberapa stasiun juga bebas-bebas aja) atau bus yang mesti lewat pintu depan (segan kan sama supir kalau nggak nge-tap kartu). Alhasil tram adalah moda transportasi yang paling banyak diakalin oleh free-rider (penumpang gelap). But, please, never never ever do that! Karena tidak sedikit juga saya melihat di depan mata kepala sendiri orang yang ketangkap pas razia dan langsung didenda ditempat, 200 dollar! Sakit tapi tidak berdarah!  
          


Tidak ada komentar :

Posting Komentar